Langsung ke konten utama

Cita-Cita

Hallo. Selamat malam. Salam sejahtera buat kita semua. Gue mau tanya, siapa yang gak punya cita-cita? Ada gak ya kira-kira. Kalo sampe ada, gue gak tau harus gimana. Yang namanya hidup itu harus punya tujuan, kalo gak punya cita-cita sih ya gak apa-apa lah ya, mungkin masih terlalu labil buat mikirin itu. Tapi kalo hidup gak punya tujuan? Mending mati deh, setiap manusia pasti punya tujuan hidup. Entah untuk kaya, untuk jadi cerdas, untuk punya pacar, untuk mati pun bisa dijadiin tujuan hidup.

Sama seperti gue, gue pun sempet beberapa kali gak tau kalo gede mau jadi apa. Kadang gue mikir "masih bisa bernafas pun udah Alhamdulillah" tapi gue pun mikir lagi "tapi masa gue gak tau kalo udah gede harus jadi apa?" Pernyataan dan pertanyaan itu sering gue lontarkan. Dan inilah cita-cita gue dari SD sampai sekarang.

**

Ketika gue masih SD, cita-cita gue banyak dan mainstream, yaitu jadi Guru-Dokter-Tim SAR-Ninja. Jadi Guru-Dokter-Tim SAR-Ninja. Once more, jadi Guru-Dokter-Tim Sar-Ninja. Ya, dua yang pertama masih masuk akal, yang ketiga udah lumayan aneh dan yang terakhir benar-benar aneh. Gue akan jelaskan!

Kenapa gue mau jadi Guru? Namanya masih SD, fikiran masih bodoh, dibilang ini itu percaya aja. Apalagi gue orangnya gampang banget percaya, makanya gue sering kena tipu temen gue. Gue berfikir kalo jadi guru itu enak, dateng bebas, masuk bebas, mau tidur di kelas bodo amat, mau ga masuk sebulan ya bebas, setiap pembagian raport dapet duit dari muridnya. Nah, option yang terakhir jadi alasan gue mau jadi guru. Yap, duit! Gue mau jadi guru karna guru banyak duitnya. Mungkin beberapa persen orang yang berfikir kritis akan paham  dan ketawa sama kalimat gue barusan.

Dua, dokter. Yang namanya dokter udah pasti cerdas. Ditanya obat buat ambeien, tau obatnya. Ditanya obat buat dada sesek, tau obatnya. Ditanya obat buat orang yang ambeien dan dadanya sesek karna ga punya pacar pun, mereka tau obatnya. Gue faster aja. Motivasi gue jadi dokter waktu itu belum terlalu jelas, yang jelas gue mau jadi dokter. Udah itu aja. Tapi kalo difikirin lagi, gue gak cocok banget buat jadi dokter, walaupun jujur banyak temen gue yang rekomendasiin gue jadi dokter.

Tiga, Tim SAR. Entah apa yang ada dibenak gua sampe gua mau jadi Tim SAR dikala itu. Yang gue bayangin, jadi Tim SAR itu seru, nyari-nyari korban kecelakaan ke pelosok, nyebur ke laut, masuk ke hutan dan yang baru-baru ini masuk ke kawah. Intinya gue pengen jadi Tim SAR karena gur cuma pengen nyelametin orang-orang yang ga sengaja harus kecelakaan. Kasian keluarga mereka digantungin sama keadaan anggota keluarganya yang belum tau kapan ketemunya.

Empat, Ninja. Cita-cita ini benar-benar anti mainstream buat anak SD diwaktu itu. Bayangin aja, kelas 4 cita-cita gue mau jadi Ninja. Ini efek gue setiap hari nontonin Ninja Hatori setiap pulang sekolah. Kan keren tuh jadi Ninja. Oh iya, tentang cita-cita gue yang jadi Ninja ini udah pernah gue post di sini.

Nah itu dia beberapa cita-cita gue semasa SD. Kalau SMP cita-cita gue cuma satu, yaitu: Chef.

Sebenernya, gue ga tau kenapa gue pengen banget jadi Chef ketika SMP. Yang gue inget, gue tuh orangnya doyan makan. Jadi kalo misalnya gue laper tengah malem, gue bisa bikin makanan dari bahan-bahan yang ada di dapur. Dan intinya gue kenyang. Tapi, lama kelamaan gue sadar. Gue gak punya bakat masak! Gue sering dihina temen gue karena cita-cita gue yang bertolak belakang sama kemampuan gue. Masak ayam goreng, gosong. Masak mie, kematengan sampe nempel di pancinya. Masak tempe, gosong. Masak telor, keasinan. Gak deh pokoknya, maka dengan segenap rasa sedih gue lepaskan keinginan gue buat jadi Chef. Gue udah sadar kemampuan gue di dunia memasak cuma sampe level rebus air.

Nah, di masa SMA inilah gue berjanji sama diri gue sendiri untuk selalu mencintai dia. Ralat, untuk bisa cari cita-cita yang sesuai hobi gue. Gue udah gede, fikiran gue udah lebih realistis, walaupun keinginan gue jadi Ninja masih ada sampe sekarang, Hehe. Gue harus bisa tentuin masa depan gue nanti, walau gue kadang mikir: orang macam gue bisa apa sih.

Tapi gue yakin, setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalo kita bisa menambal kekurangan kita dengan kelebihan kita, itu namanya hebat! Jadi cita-cita gue sekarang adalah Animator.

Udah lah ga usah kaget. Gue mau jadi Animator bukan karna gue jago gambar, bukan banget sumpah! Kalian bisa liat kemampuan gambar gue seberapa di Instagram gue. Gue mau jadi Animator karna gue suka Kartun! Kenapa? Animator itu kan berhubungan sama film-film animasi gitu ya. Itulah yang bikin gue tertarik sama cita-cita ini. Jadi, kalian pernah ga sih mikir gimana caranya bikin kartun yang bisa gerak, ngomong dan hal lain sebagainya layaknya manusia? Bahkan beberapa kartun lebih hebat dibanding manusia.

Itu semua ada tekniknya. Dan teknik itu lah yang bikin gue berdecak kagum! Animator itu hebat bisa bikin sebuah gambar jadi film yang durasinya lama. Coba kalian cari di google, cara membuat film animasi. Dan gue yakin kalian pun akan berdecak kagum.

Seperti yang gue bilang diatas, gue cari cita-cita berdasarkan hobi. Ya ini, hobi gue kan nonton film kartun. Iya, gue tau gue udah gede. Tapi jujur gue ga bisa lepas dari yang namanya kartun. Gue berfikir, kalo gue suka nonton film kartun kenapa gak gue coba buat bikin film kartun ini kalo gede nanti? Dan kalimat itulah yang selalu memotivasi gue untuk melanjutkan cita-cita gue.

Ya, walaupun ga semua Animator jatuhnya jadi yang bikin-bikin film animasi. Dan walaupun cita-cita ini pun sedikit bertolak belakang sama kemampuan gue. Tapi gue selalu yakin, kekurangan gue adalah kelebihan gue yang tertunda yang suatu saat akan menjadi kelebihan yang mungkin gue sendiri gak menyadarinya.

Jadi, doakan lah gue yang kemampuan menggambarnya gak seberapa ini. Semoga tingkat kemampuan menggambar gue bisa naik 50% lebih 2 tahun kemudian. Aamiin.

Komentar

The Most

Kekinian di Awal Tahun 2016

Kesibukan sama tugas emang kadang bikin kita lupa segalanya. Lupa mandi, lupa tidur, lupa diri, dan bahkan lupa sama hobby yang udah bikin kita lebih bahagia. Baru masuk tanggal 13 Februari, udah banyak foto kekinian yang berkeliaran di sosial media. Katanya sih kalo nggak ngikutin belum hitz, belum lengkap, dan belum gawl. Jadi, apa aja foto kekinian di awal tahun ini? 1. Ourselves Facts Ini nih, hitznya baru awal-awal akhir bulan kemarin. Entah siapa yang pertama punya ide, kreatif juga. Foto di papan tulis terus ada panah + keterangan kepribadiannya. Biar makin hitz mukanya ditutupin tangan atau gak difotonya dari belakang. Tjakep! 2. Tukeran Baju sama Pasangan Kalo yang ini udah cukup lama sih ya trendnya. Mungkin dari tahun kemarin, tapi hitznya baru awal tahun ini nih. Idenya keren. Tukeran baju sama pasangan kita gitu. Biasanya sih foto pertama si cewek pake baju ceweknya. Si cowok pun sama. Nah foto kedua baru deh mereka tukeran baju. Wah, kreatif ya! Buat kalian yang mau nyoba

The Wattys 2017

Bagi warga Wattpad, mungkin udah tau banget sama yang namanya The Wattys. Yaitu, penghargaan bergensi kalangan penulis wattpad. Penghargaan ini bukan sekedar di salah satu regional aja. Atau cuma ada di Indonesia. Enggak! The Wattys ada di Indonesia dan di beberapa negara lainnya yang turut mendukung Wattpad. Misalnya, Inggris, Spanyol, Turki, Malaysia, Jerman, Prancis, dan negara-negara lainnya. Jadi, bisa dibilang The Wattys ini adalah perhargaan sekelas Nobel. Yaaa, meskipun penilaiannya itu per negara. Nah, di tahun ini, kategori penghargaannya cukup berbeda dari tahun kemarin. Yaitu : 1. The Originals Penghargaan ini diberikan kepada cerita yang melampaui batas ekspektasi–baik dari segi alur dalam genre yang sudah dibentuk atau cara penceritaan yang benar-benar berbeda dari yang biasanya . 2. The Riveting Reads Penghargaan ini diperuntukkan bagi cerita yang membuat kita tidak bisa berhenti membacanya - Cerita yang membuat pembaca tertarik, dari awal hingga akhir. 3

Destinasi Wisata Tangerang: Taman Kota 1 BSD

Libur tlah tiba.. Libur tlah tiba.. Hore.. Hore.. Yay Ujian Kenaikan Kelas udah selesai, bagi rapot pun udah (buat sekolah lain) sekolah gue belum. Nah buat kalian yang pengen refreshing  dimasa liburannya, gue ada 1 tempat wisata yang ashoy banget. Cocok buat kalian yang bosen main ke Mall. Kalian bisa kesini, selain udaranya yang seger, bagus juga buat hunting  foto. Yap, Taman Kota 1 BSD. Lokasinya di daerah Serpong, Tangerang Selatan. Tepatnya di depan sekolah Al-Azhar dan Giri Loka 3. Kalo mau kesini gampang banget kok, tinggal ngikutin jalan raya serpong aja. Nanti juga sampe, ada disebelah kanan kalau dari arah Alam Sutera. Kamis kemarin tanggal 2 Juni 2016 gue dan satu kawan karib gue kesana, Risha namanya. Kita kesana nekat naik angkot karena emang ga ada motor. Lumayan banget ongkosnya bolak-balik hampir abis 80 ribu udah termasuk makan siomay sama batagor plus air putih yang gelas 2 biji, ckk sedih. Di Taman Kota 1 ini banyak banget fasilitas yang bisa dimanfaatkan, salah sa